Berbagai Macam Jaringan

Macam Macam Jaringan

1. PAN (Personal area network)

jenis-jenis jaringan komputer, pan
PAN (Personal Area Network) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk transmisi data antara perangkat pribadi seperti komputer, tablet, smartphone, personal digital assistant (PDA), konsol video game, perangkat peripheral dan perangkat hiburan pribadi lainnya.
PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi interpersonal), atau untuk menghubungkan perangkat ke jaringan dengan tingkat yang lebih besar dan Internet (uplink) dimana salah satu perangkat “master” mengambil peran sebagai router internet.
Jaringan jenis ini akan memberikan fleksibilitas yang tinggi. Misalnya, memungkinkan Anda untuk:
  • Mengirim dokumen dari laptop, tablet, atau smartphone ke printer melalui jaringan.
  • Upload foto dari smartphone ke komputer desktop Anda.
  • Menonton film dari layanan streaming online dengan TV Anda.
  • Dan masih banyak lagi.

2. LAN (Local Area Network)

jenis-jenis jaringan komputer, lan
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium, universitas atau kantor dan memiliki peralatan jaringan sendiri dan interkoneksi yang dikelola secara lokal. LAN sangat bermanfaat untuk membagi sumber daya, seperti penyimpanan data dan printer. Jaringan komputer jenis ini dapat dibangun dengan hardware yang relatif murah, seperti wireless access point, hub, adapter jaringan dan kabel Ethernet.
Jaringan komputer jenis LAN yang terkecil dapat terdiri dari hanya dua komputer, sedangkan LAN yang lebih besar dapat terdiri dari ribuan komputer. LAN biasanya sebagian besar mengandalkan koneksi kabel untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan, namun koneksi wireless juga dapat menjadi bagian dari LAN. kecepatan tinggi dan biaya yang relatif rendah merupakan karakteristik jaringan jenis LAN.
LAN biasanya digunakan pada satu tempat di mana orang-orang harus berbagi sumber daya diantara mereka sendiri tetapi tidak dengan orang luar. Misalnya sebuah gedung perkantoran dimana semua karyawan harus dapat mengakses file pada server pusat atau dapat mencetak dokumen melalui satu atau lebih printer pusat.
Hal ini akan memudahkan karyawan dalam mengerjakan tugas-tugas mereka, tetapi Karyawan/Perusahaan tentunya tidak ingin jika orang luar yang hanya kebetulan lewat juga dapat mengakses file pada server pusat atau mengirim dokumen ke printer melalui laptop atau ponsel mereka.
Jika LAN, sepenuhnya menggunakan teknologi wireless, maka jenis jaringan ini disebut sebagai WLAN (Wireless Local Area Network).

3. MAN (Metropolitan area network)

jenis-jenis jaringan komputer, man
MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna dengan sumber daya komputer pada sebuah area geografis atau area yang lebih besar dari yang tercakup oleh LAN yang luas, tetapi lebih kecil dari area yang tercakup oleh WAN (wide area network).
Tergantung pada konfigurasi-nya, jaringan jenis ini dapat mencakup area mulai dari beberapa mil hingga puluhan mil. MAN sering digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN untuk membentuk jaringan yang lebih luas. Saat jaringan jenis ini dirancang khusus untuk sebuah Universitas, makan terkadang disebut sebagai CAN (Campus Area Network).

4. WAN (Wide Area Network)

jenis-jenis jaringan komputer, wan
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer atau jaringan telekomunikasi yang membentang di atas jarak geografis yang sangat luas, seperti seluruh Negara atau seluruh Dunia. Jaringan komputer jenis WAN biasanya terdiri dari beberapa jenis jaringan yang lebih kecil, seperti LAN atau MAN.
Bisnis, Pendidikan dan Lembaga Pendidikan menggunakan jaringan jenis WAN untuk relay data antara para staf, mahasiswa, klien, pembeli dan pemasok dari berbagai daerah. Dengan menggunakan WAN, akan memungkinkan bisnis untuk secara efektif melaksanakan fungsi harian-nya dimanapun lokasinya. Internet merupakan contoh yang paling terkenal untu WAN publik.

5.GLOBAL AREA NETWORK (GAN)

PengertianGlobal Area Network (GAN) adalah skala besar WAN dan diimplementasikan secara global atau dunia. Jaringan ini bisa disebut juga dengan istilah internet, karena dapat menghubungkan komputer - komputer yang ada di seluruh dunia. Total jaringan terdiri dari sejumlah besar sub-jaringan dengan sebagian besar konektivitas antara jaringan dilakukan dengan menggunakan jaringan nirkabel. Untuk menghubungkannya, maka dibangun jaringan kabel serat optic yang menghubungkan satu benua dengan benua lain, kabel serat optic tersebut dibangun di dasar laut.Contoh GAN : Internet
Spesifikasi
Spesifikasi tentang Global Area Network (GAN) dikembangkan oleh banyak kelompok dan tidak ada definisi utama tentang GAN ini. Namun umumnya GAN adalah model yang berfungsi untuk mendukung komunikasi mobile yang mencakup beberapa LAN wireless, area yang dilingkupi satelit dan sebagainya. Kecepatan GAN bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan cakupannya mencakupi ribuan kilometer.
    
GAN adalah model untuk mendukung komunikasi mobile di seluruh jumlah yang sewenang-wenang LAN nirkabel, satelit, area cakupan dll. Tantangan kunci dalam komunikasi bergerak adalah "menyerahkan off" komunikasi pengguna dari satu daerah cakupan lokal ke depan . Dalam Proyek IEEE 802, ini melibatkan suksesi terestrial jaringan area lokal nirkabel (WLAN).
Broadband Global Area Network
Broadband Global Area Network disingkat BGAN merupakan varian dari sistemuntuk mengakses jaringan internet dunia. BGAN dibuat oleh satu perusahaan Inggrisyang mengoperasikan satelit Inmarsat.Inmarsat adalah operator satelit dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1979,yang pada awalnya merupakan satelit komunikasi yang membantu komunitas pemilik kapal laut dengan meluncurkan tiga jenis satelit dari tahun 1990. Dimulai dengansatelit yang memiliki kapasitas 20 MHz sampai I-4 berkapasitas 126 MHz.Inovasi dari Inmarsat ini betul-betul mengubah paradigma jaringan internet.Sebab, di mana saja di seluruh dunia, kita dapat masuk ke internet dengan kecepatantinggi dengan hanya membawa perangkat sebesar kamus (A4 atau A5) dan langsungdisambung ke notebook atau pesawat telepon.Kendalanya adalah biaya masih relatif mahal. Itu karena untuk meluncurkansatelit, sekaligus merawatnya, dibutuhkan biaya yang besar.Inovasi dari Inmarsat memberikan satu peluang bisnis baru. Sebab, denganmemiliki peranti yang mudah dibawa-bawa dan memerlukan daya yang relatif kecil,kita dapat membuat satu jaringan intranet atau jaringan internal dengan lebih fleksibel.

5.CAMPUS AREA NETWORK (CAN)
 Campus Area Network (CAN) adalah Sebuah jaringan kampus yang mencakup dengan beberapa LAN tetapi lebih kecil dari jaringan area Metropolitan, MAN. Jenis jaringan ini banyak digunakan di universitas relatif besar atau kantor-kantor bisnis lokal dan bangunan. CAN dapat di gunakan sebagai jaringan metropolitan yang memiliki pengaturan khusus di daerah kecil hanya seperti laboratorium komputer di universitas.
     Campus Area Network (CAN) digunakan untuk menghubungkan berbagai bangunan, termasuk bangunan administrasi, bangunan akademik, perpustakaan universitas, kampus atau mahasiswa pusat, asrama, gimnasium, dan struktur terpencil lainnya, seperti pusat konferensi, pusat teknologi, dan lembaga pelatihan.     Infrastructure CAN (Campus Area Network):

     Dalam jenis jaringan, teknologi yang sama dengan perangkat keras yang digunakan dalam bangunan yang berbeda dari satu kampus atau satu perusahaan. Mereka mengikuti terminology yang sama seperti jaringan area lokal tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka saling berhubungan antara beberapa bangunan di lokasi tertentu. 
     CAN mencangkup beberapa gedung dengan jarak ratusan meter. Kabel transmisi yang digunakan Coaxial atau serat optik. Di kampus – kampus besar dapat juga menggunakan WAN, tetapi rentang jaraknya yang terlalu jauh menyebabkan jaringan WAN tidak efisien jika dipakai di suatu kampus. Jarak rentang CAN biasanya 1000 m – 10000 m menggunakan Fiber Optic. 
     Jaringan Campus Area (CAN) ekonomis, menguntungkan dan mudah diimplementasikan dalam kilometer spesifik lokalitas. Hal ini sangat membantu untuk universitas dan organisasi perusahaan lain untuk bekerja dari blok ke blok dan menerima kecepatan yang sama dari transfer data. Jaringan Kampus biasanya menggunakan teknologi LAN, seperti Ethernet, Token Ring, Fiber Distributed Data Interface (FDDI), Fast Ethernet, Gigabit Ethernet dan Asynchronous Transfer Mode (ATM). 
     Tujuan dibangunnya Campus Area Netwok adalah sebagai berikut:
  1. + Memberikan fasilitas agar informasi dari dalam maupun luar kampus dapat disebarkan dan diperoleh secara cepat dan akurat.
  1. + Meningkatkan keterpaduan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di lingkungan universitas
  1. + Menunjang kegiatan academic computing dan collaboration yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.
  1. Meningkatkan pemanfaatan fasilitas perangkat/sumber daya komputasi yang dimiliki untuk dipakai bersama secara efisien.









Komentar

  1. https://cahyoar.blogspot.com/2019/07/jaringan-berbasis-wan.html

    BalasHapus
  2. http://azhar-madun07.blogspot.com/2017/03/contoh-jaringan-komputer-client-dan-server.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer