Klasifikasi DHCP Server




     Pada dasarnya DHCP server sebagai sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat “menjamin” alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua client yang memintanya.DHCP client menjadi sebuah mesin client yang menjalankan piranti lunak.Cient DHCP memungkinkan untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP server.

1.DHCP server diklasifikasikan sebagai berikut

A.DHCP scope


DHCP Scope adalah alamat-alamat IP yang dapat disewakan kepada DHCP client. Ini juga dapat dikonfigurasikan oleh seorang administrator dengan menggunakan peralatan konfigurasi DHCP server. Biasanya, sebuah alamat IP disewakan dalam jangka waktu tertentu, yang disebut sebagai DHCP Lease, yang umumnya bernilai tiga hari.

B.DHCP Lease (reservation)
    Adalah batas waktu penyewaan IP yang diberikan kepada DHCP client oleh DHCP server.Umumnya hal ini dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa oleh seorang administrator dengan menggunakan beberapa peralatan konfigurasi. (Dalam  windows NT server dapat menggunakan DHCP manager /menggunakan microsoft mannagement console (MMC) untuk windows 2000 keatas).



C.DHCP Options    Adalah tambahan pengaturan IP yang diberikan oleh DHCP ke DHCP client ketika sebuah client meminta alamat IP kepada server.Server akan memberikan paling tidak sebuah alamat IP dan alamat subnet jaringan.Jaringan DHCP juga dapat dikonfigurasi sedemikian rupa agar memberikan tambahan informasi ke client yang tentunya dapat dilakukan oleh seorang administrator.



2.Manfaat dari DHCP serverØ  DHCP memungkinkan mengkonfigurasi secara otomatis,sehingga dapat sangat menyederhanakan    manajemen jaringan.Ø  DHCP dapat memberikan mekanisme bagi manajemen lokal untuk mayoritas client TCP/IP pada internetwork.Ø  Dengan DHCP satu server DHCP dapat melayani beberapa client pada beberapa jalur dalam iterwork



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer